Membuat Game Menggunakan Scratch: Racing dan Pac Man

Selamat datang di kelas Membuat Game Menggunakan Scratch. Belakangan ini aku mendapatkan beberapa pertanyaan dari teman-teman tentang scratch dan bagaimana cara menggunakannya. Aku juga sering ditanya oleh teman teman bagaimana cara membuat game sendiri. Karena itu aku telah menyiapkan dua kelas dimana kita akan belajar bagaimana membuat game menggunakan Scratch 2.0.

Aku akan mengajarkan kalian cara membuat game “Racing” dan game “Pac-man“. Kelas akan berjalan pada 4, 5, 6 Maret untuk kelas game “Racing” dan 12, 13, 14 Maret untuk game “Pac-man“.

1S

***

Sebelum Memulai

Sebelum kalian memulai mengikuti kelas Membuat Game Menggunakan Scratch, kalian harus memastikan komputer kalian bisa menjalankan Scratch. Kebutuhan minimal untuk Scratch adalah

  • Browser yang relatif baru (Chrome 35 or later, Firefox 31 or later, or Internet Explorer 9 or later)
  • Adobe Flash Player versi 10.2 atau lebih.

Kalian juga harus mengerti bagaimana menggunakan Scratch terlebih dahulu. Untuk itu aku sudah pernah membuat satu set tutorial basic dimana aku mengajari kalian bagaimana cara menggunakan Scratch 2.0. Semua tutorial dasar menggunakan Scratch 2.0 sudah aku keluarkan secara GRATIS yang bisa kalian tonton di: Tutorial Scratch Basic

Pertemuan akan berbentuk webinar yang berjalan secara online. Untuk itu kalian harus memiliki laptop atau komputer (dengan speaker) dengan koneksi internet. Kalian juga harus menonton video tentang platform yang akan kita gunakan yaitu CourseNetworking. Videonya bisa dilihat di: (VIDEOCN)

***

Racing

Kelas game Racing akan berjalan pada 4, 5, 6, Maret pada jam 14:00-15:30 WIB. Setiap murid di sarankan menonton video yang telah disediakan untuk pertemuan hari itu untuk mempermudah proses kelas. Pada kelas ini kalian akan belajar untuk membuat game balapan menggunakan Scratch. Kalian akan belajar tentang dasar-dasar pemrograman seperti Variable dan Sprite. Kalian juga akan belajar cara membuat asset kalian sendiri atau mencari asset dari internet. Berikut adalah contoh game yang sudah aku bikin:

Kelas akan berjalan selama tiga hari dan kita akan mempelajari hal-hal berikut:

1(1)

***

Pac-Man

Kelas game Pac-man akan berjalan pada 12, 13, 14, Maret pada jam 14:00-15:30 WIB. Setiap murid di sarankan menonton video yang telah disediakan untuk pertemuan hari itu untuk mempermudah proses kelas. Pada kelas ini kita akan belajar untuk membuat ulang sebuah game klasik Pac-Man. Kita akan belajar tentang sensing dan Artificial Intelligence sederhana. Kalian juga akan belajar untuk membuat scoring system. Kalian bisa melihat pelajaran kalian selama tiga hari kedepan.

2(1)

***

 

TEKNIS KELAS

Kelas akan berjalan secara online menggunakan Internet. Kelas ini bisa diikuti oleh peserta yang tinggal di manapun, selama terhubung dengan internet yang memungkinkan untuk koneksi suara/gambar. Kelas hanya dapat diikuti melewati komputer atau laptop. Aku akan mengajar dengan sebuah slideshow. Peserta akan diperbolehkan untuk bertanya setiap satu slide. Untuk mempermudah dan memperlancar proses kelas aku sarankan kalian menonton video yang telah di siapkan sebelum kelas. Prasyarat Teknis:

  • Sambungan internet broadband (Speedy, Firstmedia, Telkomsel Flash, Smartfren, XL, IM2, 3, dan lainnya).
  • Komputer/laptop dengan speaker
  • Browser yang relatif baru (Chrome 35 or later, Firefox 31 or later, or Internet Explorer 9 or later)
  • Adobe Flash Player versi 10.2 atau lebih.

Petunjuk CourseNetworking: Berikut adalah petunjuk untuk platform yang akan kita gunakan yaitu CourseNetworking:   (VIDEOCN)

Simulasi Kelas: Untuk teman-teman yang ingin mencoba ruang kelasnya kita akan mengadakan simulasi ruang kelas pada hari Kamis 4 dan 11 Maret pada pukul 19:00-20:00 WIB untuk kelas Racing dan Pac-Man.

***

 

BIAYA KELAS

Paket Lengkap (Rp 150.000/dua kelas)

Pendaftaran untuk kelas Racing dan Pac-Man adalah Rp. 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah). Dengan ini kalian berhak untuk mengikuti kedua kelas.

Paket Satu Kelas Racing/Pac-Man (Rp 100.000/kelas)

Biaya untuk satu kelas adalah Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah). Biaya kedua kelas adalah 2 kelas * Rp 100.000 = Rp 200.000. Pendaftaran per kelas paling lambat adalah hari rabu dari minggu kelas itu di mulai.

***

 

CARA MENDAFTAR

Untuk mendaftar, silakan transfer sesuai pilihan Anda, kemudian konfirmasi ke yudhis@rumahinspirasi.com dengan melampirkan bukti transfer. Untuk memudahkan pengecekan, tambahkan angka unik (0-999) yang jumlahnya terserah Anda pada nilai transfer, misalnya: Rp 200.123, Rp 200.777, Rp 200.432, dan sebagainya.

Biaya pendaftaran webinar dapat ditransfer ke:

Bank BCA No: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Bank Mandiri No: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

 

Setelah melakukan transfer, pendaftar diharapkan melakukan konfirmasi pendaftaran ke yudhis@rumahinspirasi.com dengan melampirkan bukti transfer. Pendaftar akan mendapatkan email tanda kesertaan dan petunjuk untuk mengikuti proses seminar. Pendaftaran paling lambat tanggal 3 Maret 2016.

Related Posts