Akhirnya OASEksplorasi 2017 selesai. Setelah persiapan panjang selama 4 bulan melakukan penggalangan dana perjalanan dalam bentuk acara OFest, melakukan survey dan persiapan perjalanan, persiapan output yang intensif, hingga akhirnya berangkat ke Pulau Harapan, kami pulang kembali ke rumah masing masing dengan berbagai cerita dan pengalaman baru.
Pulang dari Pulau Harapan, sama seperti tahun lalu (Baca Lebih Lanjut: OASEksplorasi 2016) kami akan menceritakan kembali pengalaman kami dalam bentuk blog yang menceritakan keseharian serta keseruan yang kami rasakan selama di sana.
Namun sedikit tambahan dari tahun lalu adalah setiap dari kami akan membuat sebuah karya yang berhubungan dengan pengalaman serta pengetahuan yang telah didapatkan selama melakukan perjalanan OASEksplorasi 2017 ini.
Ada yang akan membuat sebuah picture book, ada yang akan membuat video dokumenter, sedangkan aku akan membuat sesuatu yang membuat mentorku pusing karena agak bingung ini mau gimana 😛 Aku memilih sebagai outputku bahwa aku akan membuat sebuah BOARDGAME.
Output Board Game:
Sebagai output perjalanan kali ini, aku ingin membuat sebuah pengalaman interaktif tentang perjalanan eksplorasi kami yang bisa dimainkan oleh banyak orang dengan seru. Aku memilih untuk membuat board game karena dari semua medium karya, aku merasa bahwa board game adalah cara yang paling tepat untuk membuat pemain merasakan secara penuh pengalaman melakukan eksplorasi. Aku berniat untuk memberinya nama “Eksplorasi: Pulau Harapan” (kalo punya saran nama yang lebih baik kasih tau dong :D)
Goal:
Goal dari permainan ini adalah para pemain harus bekerja sama untuk mendapatkan 3 “Riset Menarik”. Riset menarik yang sudah aku pikirkan adalah:
- Air
- Bakau & Lingkungan
- Sampah
- Ikan
- Jajan
- Transportasi
- Keseharian
Mekanik:
Untuk permainan ini ada beberapa mekanik yang menjadi cara bermain utama. Berikut adalah mekanik dan penjelasan bagaimana mereka menyambung dalam permainan ini.
- Co-operative Play:
- Pemain akan bermain dalam satu kelompok yang berusaha untuk mendapatkan 3 “Riset Menarik” dengan cara mengeksplorasi titip-titik yang ada di pulau.
- Time Track:
- Permainan akan berjalan selama 4 hari dan satu hari dibagi menjadi 60 “Time Unit”. Hampir semua “action” yang dilakukan membutuhkan time unit. Contoh: Bergerak membutuhkan Time Unit, Riset membutuhkan Time Unit.
- Variable Player Powers:
- Setiap karakter akan memiliki atribut-atribut yang berkontribusi ke berbagai titik-titik tertentu ketika sedang menyelesaikan tugas yang ada icon “kesulitan”. Atributnya termaksud:
- Stamina (S)
- Uang (U)
- Wawancara Anak (A)
- Wawancara Orangtua (O)
- Kemampuan Pengamatan (P)
- Setiap karakter akan memiliki atribut-atribut yang berkontribusi ke berbagai titik-titik tertentu ketika sedang menyelesaikan tugas yang ada icon “kesulitan”. Atributnya termaksud:
- Dice Rolling:
- Ketika pemain sedang mengeksplorasi pulau, kadang ada hal-hal yang lebih sulit dari biasanya. Tugas dengan kesulitan lebih akan ditandakan dengan sebuah ikon “kesulitan”. Untuk menyelesaikan tugas seperti itu, pemain harus mengocok dadu sesuai dengan atribut yang dibutuhkan. Setelah itu ikon “kesulitan” akan dikurangi dengan jumlah ikon “berhasil” yang keluar.
- Contoh: A ingin melakukan wawancara dengan tukang bakso namun tukang baksonya malas menjawab karena A tidak membeli. “Kesulitan” wawancara ini adalah 3 dan kamu harus berusaha untuk menghilangkannya dengan dadu “Wawancara Orangtua (O)”. Misalkan atribut O milik A adalah 2 maka A akan mengocok 2 dadu. Jika yang keluar dua ikon “berhasil” maka A menghilangkan 2 “kesulitan” dari wawancara ini. A boleh melanjutkan wawancara ini dengan mengeluarkan Time Unit, atau A bisa pergi dan melakukan hal yang lain. Kalau misalkan A meninggalkan wawancaranya “kesulitan” ini kembali ke jumlah asalnya.
- Ketika pemain sedang mengeksplorasi pulau, kadang ada hal-hal yang lebih sulit dari biasanya. Tugas dengan kesulitan lebih akan ditandakan dengan sebuah ikon “kesulitan”. Untuk menyelesaikan tugas seperti itu, pemain harus mengocok dadu sesuai dengan atribut yang dibutuhkan. Setelah itu ikon “kesulitan” akan dikurangi dengan jumlah ikon “berhasil” yang keluar.
- Role Playing:
- Setiap pemain akan memerankan salah satu dari 5 karakter yang ada. Untuk saat ini aku masih belum ada nama untuk karakternya namun aku sudah memikirkan mekanik apa membuat mereka berbeda:
- A: Ramah Anak – U=7, A=4, O=1, S=1, P=2
- B: Disenangi Orangtua – U=7, A=1, O=3, S=2, P=2
- C: Uangnya banyak – U=15, A=2, O=2, S=1, P=1
- D: Stamina tinggi – U=5, A=2, O=1, S=4, P=2
- E: Pengamat yang baik – U=7, A=1, O=2, S=3, P=5
- Setiap pemain akan memerankan salah satu dari 5 karakter yang ada. Untuk saat ini aku masih belum ada nama untuk karakternya namun aku sudah memikirkan mekanik apa membuat mereka berbeda:
- Storytelling:
- Di permainan ini aku ingin mendorong para pemain untuk membaca dan bercerita dengan cara setiap kartu yang mereka dapatkan tidak boleh dilihat maupun dibaca oleh orang lain, namun mereka harus menceritakan kembali apa yang mereka baca dalam kartu itu. Pemain itu juga tidak boleh membacakan kartunya secara langsung, namun harus dengan bahasanya sendiri.
Rencana Kerja:
- 09/11: Dasar Info semua kartu + Main ke Castle8
- 10/11: Prototype dua skenario + Main ke Kalibata (Tempat Mas Dany)
- 12/11: 4 Skenario Siap + Mulai mikirin Art
- 13/11: Bikin Prototype
- 15/11: Presentasi Prototype
- 16-20/11: Polishing + Art
- 21/11: Final Prototype
- 22/11: Presentasi Final