Road to OASEKSPLORASI 2017: #2 – RENCANA PENDALAMAN OUTPUT

"The goal is to win, but it is the goal that is important, not the winning." Reiner Knizia 


Melanjutkan proses pemetaan output perjalanan yang dilakukan beberapa minggu lalu, tugas kami selanjutnya adalah untuk memperdalam output yang kami inginkan serta menunjukkan kesiapan kami terhadap pembuatan output dengan bentuk dummy.

Setelah memulai proses prototype, aku mendapat info dari teman-teman yang rapat (aku lagi SiDo Kemah) bahwa sudah ditentukan kami akan pergi ke Pulau Harapan. Dari informasi baru ini aku mulai mendesain lebih lanjut prototype agar menyambung dengan Pulau Harapan dari info yang aku bisa dapatkan di internet.

Prototype:

Tumpukkan kartu prototype "Exploration: Pulau Harapan"

Foto diatas adalah kartu-kartu yang telah aku print lalu tempel pada kartu remi sebagai alat testing. Sebagian besar mekanik yang ada dalam permainan ini sudah aku tuliskan di draft rulebook yang bisa dilihat di: Drive.

Dalam permainan ini pemain menjadi seorang "Explorer" yang ingin melakukan sebuah ekspedisi ke Pulau Harapan (sebagaimana anak-anak #OASEksplorasi 2017). Di sini masing-masing Explorer mendapatkan tugas untuk menghasilkan sebuah Output yang didapatkan dengan mengumpulkan kartu Kerjaan yang berada dalam bentuk Video, Foto, Gambar, maupun Tulisan.

Untuk proses persiapan selanjutnya, aku akan melakukan berbagai playtest selama kegiatan OASE untuk melakukan balancing. Aku juga akan mulai membayangkan seperti apa nanti gambar maupun packagingnya.

Rencana Interaksi:

Selama di pulau ada beberapa informasi maupun interaksi utama yang ingin aku cari termasuk:

  • Lokasi & jumlah riset (home industry, nelayan, dll) menarik. Perkiraan sekitar 15-25.
  • Lokasi & jumlah kesenangan (tempat makan, hiburan, dll) menarik. Perkiraan sekitar 15-25.
  • Lokasi & jumlah area turis (snorkling, banana boat, dll). Perkiraan sekitar 3-5.
  • Pengalaman serta cerita menarik (diajak main bola, ketemu burung keren, dll).
  • Melihat bentuk dan rasa pulau untuk menjadi hasil karya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *