Keris Tanding + Kitab Damakobar: The Review

Wahai pendekar !!!

Ketika Pusaka Dewa turun ke Bumi, pertempuran para pendekar penyandang keris-keris sakti pun dimulai. Palagan bertajuk Keris Tanding menjadi saksi bertemunya tempaan logam dan ajian dari segala penjuru. Siapakah yang mampu mendapatkan Pusaka Dewa?

Apa Itu Keris Tanding?

Keris Tanding adalah sebuah card game (permainan kartu) asli Indonesia yang dibuat oleh Hendranto Pratama dan Brendan Satria berdasarkan dari komik Pusaka Dewa karya komikus Sweta Kartika. Komik Pusaka Dewa menceritakan tentang pertarungan antar pendekar untuk memperebutkan Pusaka Dewa. Permainan Keris Tanding sendiri menceritakan dan membuat kita memainkan adegan pertarungan tersebut sendiri.

Permainan Keris Tanding bisa dimainkan oleh 2 (dua) orang dan dianjurkan untuk pemain diatas umur 10 (sepuluh) tahun. Keris Tanding memilki waktu permainan sekitar 30-60 menit tergantung seberapa sengit bertandingan antar pemain terjadi.

Artwork and Theme

Di Keris Tanding, para pemain sedang berperan sebagai salah satu pendekar yang sedang memperebutkan Pusaka Dewa. Pemain akan memainkan dua pendekar dan dengan bantuan senjata-senjata, ajian dan ramuan berusaha untuk menghabiskan stamina lawan.

Keris Tanding diilustrasikan oleh salah satu komikus ternama Indonesia, Sweta Kartika, dengan karyanya seperti Grey & Jingga, H20, dan karya yang diadaptasi untuk Keris Tanding, Pusaka Dewa. Pusaka Dewa serta Keris Tanding memiliki ilustrasi yang terlihat antik tapi modern dengan penggunaan warna yang lebih cenderung cokelat dan garis tebal yang indah khas Sweta Kartika. Walaupun Keris Tanding memiliki palet yang cokelat semua gambarnya memiliki satu atau dua warna kontras yang membuat kartu-kartunya menonjol.

Keris Tanding Component

Di dalam satu kotak permainan Keris Tanding kita akan mendapatkan:

  • 1 Rulebook bahasa indonesia
  • 1 Rulebook deck crafting
  • 42 Kartu Keris
  • 28 Kartu Senjata
  • 6 Kartu Karakter
  • 2 Kartu Ringkasan Permainan
  • 28 Token Status

Semua kartu yang ada di dalam box Keris Tanding dibuat dengan kualitas yang sangat bagus. Tokennya terbuat dari karton dan cetakannya agak miring sedikit tapi ini biasa untuk produk yang kecil dan diproduksi massal.

Gameplay

Keris Tanding memiliki dua cara bermain, Tarung (Drafting mode) dan Tanding (Constructed Mode). Detil cara bermain untuk setiap mode akan ada di posting yang bersangkutan, namun secara dasar setiap game akan berjalan sesuai dengan 5 fase.

  1. Fase Ambil Kartu
  2. Fase Persenjataan
  3. Fase Tenaga Dalam
  4. Fase Menyerang
  5. Fase Initiatif

Tugas kita adalah untuk mengurangi dan menghabiskan stamina lawan dengan persenjataan kita sendiri selagi melindungi diri agar tidak kehabisan stamina diserang oleh lawan. Tidak seperti yang aku perkirakan, jika kita menggunakan taktik yang bagus serta mengerti peraturan dengan lengkap, permainan bisa berjalan dengan sangat cepat.

Keris Tanding memiliki cukup banyak kompleksitas dengan kombinasi kemampuan senjata, pendekar, ajian dan ramuan tanpa menjadi terlalu rumit untuk pemula yang ingin mencoba.

Apa Itu Kitab Damarkobar?

Kitab Damarkobar adalah sebuah expansion pack (set kartu tambahan) untuk Keris Tanding. Kitab Damarkobar mendatangkan 5 hal baru untuk Keris Tanding, antara lain:

  • Elemen baru bernama Bayu (Angin)
  • Kartu Mantra
  • Skill non-inisiatif
  • Skill pasif
  • Serangan berantai

Untuk menggunakan expansion pack ini kalian harus sudah memiliki Keris Tanding yang biasa dulu. Set ini bisa digunakan untuk menambahkan beberapa layer kompleksitas lagi yang bisa membuat permainan lebih menarik.

 

Kitab Damarkobar Component

Di dalam satu expansion pack Kitab Damakobar kita akan mendapatkan:

  • 1 Kartu rulebook
  • 4 Kartu pendekar
  • 10 Kartu mantra
  • 14 Kartu senjata
  • 14 Kartu Ajian

Sama seperti permainan aslinya expansion pack Kitab Damarkobar diilustrasikan oleh komikus Sweta Kartika dengan gayanya yang khas. Kartunya memiliki bentuk dan rasa yang sama seperti kartu-kartu yang original. 

Gameplay

Dalam sisi permainan Kitab Damakobar membawakan 3 elemen kompleksitas baru dengan kemampuan Non-Inisiatif, Elemen Bayu, serta Kartu Mantra. Dengan adanya kartu-kartu tambahan ini ada banyak sekali taktik-taktik baru dan kombinasi pendekar/senjata/ajian/matra yang jauh lebih banyak dari sebelumnya.

Personal Experience

Aku sudah bermain beberapa game Keris Tanding bersama beberapa teman dan kami bisa bermain dengan seru tanpa kesulitan. Peraturan dan deskripsi kartu ditulis dengan baik walaupun sebagian besar waktu kami memilih kartu bukan karena deskripsinya tapi karena gambarnya bagus 😛

Permainannya memilki kemampuan untuk dimainkan berkali-kali yang tinggi karena jumlah layer taktik yang diperlukan dan keragaman kombinasi pendekar/senjata/ajian. Tingkat kompleksitas ini semakin bertambah ketika kita menggunakan expansion set Kitab Damarkobar dengan elemen dan kartu-kartu barunya.

Aku sangat menyarankan permaian Keris Tanding serta expansion setnya Kitab Damarkobar untuk teman-teman yang suka bermain permainan seperti Yu-Gi-Oh! atau Pokemon TGC. Aku juga menyarankan ini ke teman-teman yang ingin main tapi permainan semacam itu tapi takut mulai karena terlalu mahal atau terlalu susah karena Keris Tanding sangatlah mudah dan harganya juga tidak mahal.

Jika kalian ingin membeli Keris Tanding serta Kitab Damarkobar kalian bisa memesannya di sini: Manikmaya Games

Trackbacks & Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *